Rabu, 15 Februari 2012

Hukum Kepler

Hukum I Kepler
Hukum I Kepler menyatakan sebagai berikut.
“Setiap planet bergerak pada lintasan berbentuk elips dengan
matahari berada di salah satu fokus elips”.
Hukum ini dapat men jelaskan lintasan planet yang berbentuk elips, namun belum dapat men jelaskan keduduk an planet terhadap matahari. Oleh karena itu, muncullah hukum II Kepler.
 
b. Hukum II Kepler

 Hukum II Kepler menyatakan sebagai berikut.
“Suatu garis khayal yang menghubungkan matahari dengan planet menyapu luas juring yang sama dalam selang waktu yang sama”.

Untuk lebih jelasnya perhati kan gambar 2.5 di samping! Anggap lah pada selang waktu Dt1, planet menempuh lintasan dari A ke A, dan pada selang waktu Dt2 planet menempuh lintasan BB. Jika Dt1 = Dt2 maka luas AMA sama dengan luas BMB.
    

Apa konsekuensinya?
Konsekuensinya adalah ketika planet dekat dengan matahari, planet itu akan bergerak relatif cepat daripada ketika planet tersebut berada jauh dari matahari. Coba kamu bayangkan apa yang terjadi jika ketika planet dekat dengan matahari kece patannya lebih rendah dari yang semestinya!

c. Hukum III Kepler
Hukum III Kepler menyatakan sebagai berikut.
“Perbandingan antara kuadrat waktu revolusi dengan pangkat tiga jarak rata-rata planet ke matahari adalah sama untuk semua planet”.
Hukum III Kepler dapat dirumuskan seperti di bawah ini.
 
 

Keterangan:
T : waktu revolusi suatu planet (s atau tahun), kala revolusi bumi = 1 tahun
R : jarak suatu planet ke matahari (m atau sa), jarak bumi ke matahari = 1 sa (satuan
     astronomis) = 150 juta km

Bagaimana kesesuaian hukum-hukum Kepler dengan hokum Newton? Untuk men jelaskan hal ini kita dapat melakukan pendekatan bahwa orbit planet adalah lingkaran dan matahariterletak pada pusatnya. Perhatikan gambar 2.6 di samping!
Sebagaimana telah kita bahas di depan bahwa gaya tarikmenarik antara planet dengan matahari dapat kita tuliskan sebagai:
 


Karena planet bergerak dalam lintasan lingkaran maka planet akan mengalami gaya sentripetal yang besarnya adalah:



















Berdasarkan uraian di atas, dapat kita ketahui bahwa ternyata hukum gravitasi Newton memiliki kesesuaian dengan tata edar planet seperti yang dirumuskan oleh hukum Kepler.

0 komentar:

Posting Komentar

belajar giat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites